Rabu, 27 Oktober 2010

Tips 4 U

Up grade Performa Kawasaki ZX130 Lewat Karburator


Untuk menaikkan performa motor Kawasaki ZX130 ini, tidak perlu harus merombak mesin, tetapi hanya dengan cara yang sederhana yaitu cukup mengganti needle jet asli bawaan motor ZX130 dengan kepunyaan dari Kawasaki kaze E buatan tahun 97, karena lubang sekeliling kanan kiri dari kepunyaan Kaze E lebih besar, pastikan needle jetnya kepunyaan Kaze E, karena kalau sampai keliru dengan Kaze R tahun 2001, memiliki lubang yang agak kecil.

.
Cara mengganti needle jet ini dilakukan, sebab needle jet dari bawaan ZX130 terlalu kecil, sehingga seringkali tenaga yang dihasilkan kurang agresif dalam di buat lari kencang pertama kali dengan gigi 1.

Setelah mendapatkan needle jet kaze E, jangan langsung dipasang ke karburator ZX. Ada pun langkah selanjutnya yaitu harus menutup 4 lubang di sekeliling kanan kiri needle jet dengan menggunakan lem alteco. Sebab, kalau 4 lubang tidak ditutup, tarikan pertama motor akan loyo di saat buat kencang sehingga akan terkesan motor kehabisan bensin.

Dengan cara seperti di atas, akselerasi yang dihasilkan akan lebih meningkat dibandingkan dengan sebelum di ganti dengan needle jet kaze E.juga dapat mencegah timbulnya tersendatnya karbu saat di buat jalan.



Pantangan Karbu Bagi Penunggang Kawasaki ZX 130

Saat-saat ini sedang marak penggemar adu kebut motor yang menggunakan kawasaki ZX sebagai tunggangan, mereka acap kali terlihat melepas box filter karburator. Memang performa yang dihasilkan lebih responsif ketimbang dengan masih menggunakan box filter dfan akselerasinya pun lebih cepat.

Tetapi mereka tidak menyadari bahwa, sebenarnya hal itu bisa membuat jont karbu rawan sobek. Hal itu di sebabkan moncong depan karburator zx 130 tak ada tumpuannya, sehingga kareti joint karbu terbebani kedepan yang bisa menyebabkan karet sobek dan terkesan seperti bocor. Hal tersebut makin parah apabila di kendarai dengana melewati jalan bergelombang atau jalan yang berlubang, dapat dipastikan karburator akan mengangguk angguk dan lama kelamaan akan sobek pada karet joint karbunya yang memang terbuat dari karet.

Selain itu, ada pantangan pada saat mengencangkan klem karbu pada ZX130 yang terlalu kencang. Karena model baut pengunci klem sendiri sudah berbentuk +, agar pengencangan pada saat karbu di pasang tidak terlalu rapat, yang bisa menyebabkan karet joint pecah atau robek lama kelamaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar