Kamis, 28 Oktober 2010

Tetap Fit Selama Berkendara

Sebagai motobiker, sering kali terlupa bahwa sehari - hari kita membawa harta yang paing mahal dan paling berharga dalam diri kita di kehidupan ini. Harta termahal itu adalah kesehatan. Aktifitas riding secara rutin tentunya akan berdampak pada kesehatan fisik maupun mental. Selain perilaku Safety Riding ada juga tips berkendara yang kali ini membahas tentang pengaruh kesehatan bagi motobikers dan bagaimana cara mengantisipasinya.


Seringkali perjalanan jauh hingga 6 - 8 jam diatas motor membuat kondisi badan seperti "remuk". Memang tidak mudah menuntut kondisi fisik untuk selalu prima, tapi paling tidak motobiker mengetahui bagaimana caranya utnuk mengantisipasi kecelakaan yang diakibatkan menurunnya kesehatan selama berkendara. Tips ini sederhana dan layak dipraktekan

1. Cegah Kelelahan

Untuk mencegah fatigue atau kelelahan karena melakukan riding rutin harian atau jarak jauh, lakukan pemanasan minimal 2 menit dengan lari - lari kecil untuk melemaskan otot. Tujuannya untuk menghindari rasa pegal - pegal pada bagian pinggang, tangan, kaki dan persendian.


2. Istirahat

Aktifitas riding jarak jauh maksimal 2 jam riding nonstop. Biasakanlah istirahat sejenak dan diselingi pelemasan otot, jangan lupa sesuaikan posisi mengendarai motor dengan postur tubuh. Misalnya menyesuaikan posisi stang yang tinggi dan tidak membungkuk, agar dapat membuat posisi berkendara menjadi lebih nyaman. Biasakanlah tidak menekuk punggung selama perjalanan agar tidak cepat lelah.

3. Pakaian Dalam

Pada saat melakukan aktifitas riding jarak jauh, disarankan tidak memakai Pakaian dalam yang ketat. Tujuannya agar mencegah alergi kulit yang bisa timbul karena keringat yang tidak bisa kering, disebabkan selalu menempel di kulit. Pakailah Pakaian hawaii atau Pakaian berbahan katun yang longgar dan fleksibel.

4. Masker

Perhatikan kebersihan hidung, pakailah masker dengan filter udara (jika memakai helm half face) dan selalu bersihkan hidung setiap sesudah berkendara.

5. Cuci Mata

Cuci mata disini adalah dalam arti yang sebenarnya dan bukan berarti lihat perbelanjaan. Mata akan semakin beresiko kotor jika memakai helm yang memungkinkan udara untuk masuk ke muka. Biasakan bersih - bersih mata dengan boor water atau obat tetes mata secara rutin, paling tidak seminggu sekali, ketika mata perih atau setelah melakukan perjalanan jauh, sehingga mata tidak lelah dan perih yang di akibatkan debu yang masuk ke dalam mata.

6. Perlindungan Leher

Biasakan selalu memakai masker atau balaclava yang bisa menutupi leher dan tengkuk yang terbuka antara helm dan jaket. Tujuannya untuk menghindari kotoran berupa debu yang menempel ke leher, jika dibiarkan kotoran tersebut bisa menjadi daki atau alergi kulit lainnya.

7. Keringat dan Jaket

Meskipun hanya duduk diatas motor, badan motobiker pasti berkeringat, apalagi saat melakukan riding jarak jauh. Hal ini bisa menimbulkan gatal dan rasa tidak nyaman. Solusinya, sesuaikan jaket dengan cuaca. Jika cuaca panas, pakailah jaket yang memungkinkan aliran udara masuk agar ada sirkulasi udara. Pada saat mandi bersihkan persendian dan lipatan kulit lainnya secara intensif, untuk mengangkat kotoran dan sisa keringat.

8. Ngantuk kok Riding?

Jangan melakukan aktifitas berkendara langsung, terutama ketika baru bangun tidur, karena kesadaran belum penuh dan panca indra belum siap. Lakukan pemanasan dengan olahraga kecil untuk melenturkan seluruh otot persendian. Kalaupun pada saat berkendara mata anda ngantuk, disarankan untuk mencari tempat istirahat yang bisa anda gunakan untuk beristirahat sejenak untuk menghilangkan rasa ngantuk.

9. Ngopi?

Aktifitas riding rutin setiap hari, pasti banyak menemukan masalah di jalan. Apalgi di Jakarta dan kota - kota besar lainnya, banyak orang yang asal - asalan membawa sepeda motornya. Jangan terpancing emosi, tetap sabar. Kalaupun terpancing emosi dan merasa sebal, luapkan sesekali dengan cara mengumpat dibalik helm. Kalau masih sebal juga, silahkan minggir di tempat yang aman dan teduh, kemudian cari tempat peristirahatan atau warung minuman dan mintalah kopi atau minuman dingin yang lain misalnya untuk menyegarkan tubuh dan pikiran serta menghindarkan diri dari resiko resiko buruk yang tidak di inginkan misalnya di jalan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar